Latihan Relaksasi [Kupas Tuntas - Lengkap]

Panduan Self Hypnosis - Menghipnotis diri sendiri



D. Latihan Relaksasi

       Selanjutnya kita akan memasuki latihan releksasi yang lebih serius. Dimana latihan ini adalah bagian dari self hypnosis yang akan kita lakukan. Tepanya bagian awal dari self hypnosis.

       Secara utuh self hypnosis akan terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:
1.Releksasi,
2.Pemrograman diri,
3.Pengakhiran.

Relaksasi
       Releksasi ini kita lakukan dengan cara duduk dan bersandar, misalkan di sofa. Lakukan secara pribadi dengan susasana/kondisi lingkungan yang tenang, matikan handphone anda! Dan niatkan untuk menghentikan seluruh aktifitas dan pikiran selain releksasi. Bersandar dengan nyaman, dan letakan kedua tangan anda secara bebas di paha anda, dan biarkan kaki anda lepas juga.

a.Awal
       Pejamkan mata, awasi nafas, berikan perhatian saat menarik dan menghembuskan nafas. Ucapkan dalam hati :

       “Saya berniat untuk memasuki releksasi ....... Melepaskan segalanya ....... Mengistirahatkan tubuh dan pikiran saya, tak terkecuali melupakan sejenak semua aktifitas, seluruh kejadian, masalah,maupun rencana ....... Yang saya inginkan di sini, saat ini, hanyalah rileks ....... sekarang yang ada hanyalah rileks”
       “Setiap hembusan nafas saya membuat saya memasuki releksasi yang lebih dalam ....... lebih lepas .......”

b.Releksasi mata
       “Mata ....... Aku perintahkan kamu menjadi sangat santai ....... Sangat releks ....... Dan sangat malas ....... ! Sedemikian malasnya ....... Sehingga kamu tidak mau membuka meski kamu berkeinginan membuka ....... Bahkan untuk bergerakpun kamu sedemikian malasnya .......”  [Baca Scipt ini berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa mata anda merasa sangat-sangat santai]

       Lalu setelahnya coba buka mata anda, bila sudah terasa berat atau tidak mau trbuka, maka lanjutkan dengan script berikut ini :

c.Releksasi Leher
       “Leher kamu aku perintahkan menjadi sangat santai, malas, dan lemas ....... Sehingga aku sama sekali tidak dapat menggerakkanmu ....... Leher, kamu sangat malas dan lemas, bahkan kamu tidak memiliki keinginan sama sekali untuk bergerak walaupun aku berusaha menggerakanmu” [Baca Scipt ini berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa leher anda merasa sangat-sangat santai]

       Lalu coba anda gerakan leher anda, bila sudah terasa malas dan tidak mau digerakan sama sekali, maka lanjutkan dengan script berikut :

d.Relaksasi tangan
       “Wahai kedua belah tangan dan jari-jemari ....... Kamu saya perintahkan untuk memasuki rileksasi total, sehingga saat ini juga kamu menjadi sangat malas, lemas, dan tidak berkeinginan sama sekali untuk bergerak, walaupun aku mencoba untuk menggerakanmu. Dan apabila kamu mencoba untuk bergerak, maka kamupun tidak akan bisa bergerak. [Baca terus menerus, sampai anda merasa tangan dan jari-jari anda benar-benar malas dan lemas]

       Lalu cobalah anda menggerakan tangan dan jari anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau digerakan sama sekali, lalu lanjutkan dengan script selanjutnya, yaitu:

e.Relaksasi kaki
“Wahai kedua belah kaki dan jari-jemarinya ....... Kamu saya perintahkan untuk memasuki rileksasi total, sehingga saat ini juga kamu menjadi sangat malas, lemas, dan tidak berkeinginan sama sekali untuk bergerak, walaupun aku mencoba untuk menggerakanmu. Dan apabila kamu mencoba untuk bergerak, maka kamupun tidak akan bisa bergerak. [Baca terus menerus, sampai anda merasa kedua kaki  dan jari-jarinya anda benar-benar malas dan lemas]

       Lalu cobalah anda menggerakan kaki dan jari anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau digerakan sama sekali, lalu lanjutkan dengan script relaksasi selanjutnya, yaitu:

f.Pendalaman
       “Saya akan menghitung mundur dari 25 ke 1, bersama hembusan nafas saya ....... Dan setiap kali saya menghitung ....... Saya akan merasakan kenyamanan dan ketenangan yang lebih dalam dari sebelumnya. ....... [Lakukan hitungan mundur]

g.Pemrograman diri
       Karena pemrograman memerlukan pembahasan/penjabaran yang tidak sedikit, maka pembahasan ini saya tuliskan pada halaman berikutnya yang berjudul “Pemrograman diri”. Akan teapi jika sekarang anda sedang belajar sambil keadaan praktek, anda jangan menyia-nyiakan rileks anda yang membutuhkan perjuangan, maka kita cukup berdiam dan menikmati mode rileks ini selama 10 menit.

h.Pengakhiran
       Pengakhiran merupakan metode yang harus dilekukan secara halus dan sempurna!!!. Dengan script penuntun yaitu:

       “Saya akan mengakhiri mode releksasi total ini dengan hasil yang sempurna tanpa kecacatan. Saya akan menghitung 1 sampai dengan 5. Dan pada hitungan ke-5 saya akan bangun dan membuka mata dalam kondisi yang sangat segar, sehat, dan positif ....... [Mulai lakukan hitungan secara perlahan-lahan]

       






Panduan Self Hypnosis - Menghipnotis diri sendiri

0 comments:

 
Sampaikan pada kami Kontak Kami - Kebijakan Resmi TERMS OF SERVICE | Privacy Policy | Disclaimer